Yuk Kenali Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

Estacurada – Keputihan biasanya terjadi pada anda wanita yang masih mengalami menstruasi. Ibu hamil mungkin juga akan lebih sering mengalami keputihan akibat dari perubahan hormon. Ketika anda sudah memasuki usia manepuse maka keputihan akan berkurang. Anda harus hati – hati ketika keputihan ini mengalami perubahan warna, tekstur dan bau karena hal tersebut menjadi tanda adanya infeksi. Nah, berikut akan kami sampaikan penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Penyebab dari keputihan

Penyebab dari keputihan di setiap wanita sebenarnya berbeda  beda. Selain disebabkan oleh perubahan hormon keputihan juga akan normal keluar pada saat wanita mendapatkan rangsangan seksual, sedang menyusui ataupun stress.

Keputihan dikatakan tidak normal disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri ataupun parasit. Keputihan juga dapat menjadi tanda adanya kanker Rahim atau leher Rahim. Ada beberapa hal yang menjadikan anda seorang wanita mengalami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan seperti mengonsumsi pil KB dan obat kortikosteroid, menderita diabetes, melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti – ganti pasangan, menurunnya system kekebalan tubuh, iritasi di sekitar atau di dalam vagina, monepouse, terlalu sering membersihkan area vagina, menggunakan sabun yang mengandung parfume.

Cara mengobati keputihan

Keputihan yang normal hanya memerlukan pembersihan secara rutin area kewanitaan anda untuk menghilangkan lendir akan tetapi untuk mengatasi keputihan yang tergolong abnormal maka anda pasti akan direkomendasikan untuk terapi obat oleh dokter anda. Terapi obat tersebut seperti obat antibiotic untuk menghilangkan bakteri penyebab keputihan, obat anti jamur untuk mengatasi infeksi jamur dan metronidazole atau tinidazole yang disebabkan oleh patis sehingga menyebabkan penyakit trikomoniasis.

Pencegahan terhadap keputihan

Setelah mengenal penyebab keputihan dan cara mengatasinya maka hal penting yang harus anda lakukan adalah bagaimana mencegah agar tidak terjadi keputihan. Ada beberapa langkah dalam mencegah keputihan ini diantaranya adalah

  • Bersihkan vagina dengan sabun dan air hangat setelah buang air kecil ataupun buang air besar serta sesaat setelah anda berhubungan seks
  • Hindari menyiram atau membersihkan dengan menggunakan semprotan air
  • Hindari menggunakan sabun atau produk kewanitaan yang mengandung parfume
  • Ganti pembalut ataupun pantyliner setiap 3-5 jam sekali
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan vagina secara rutin ke dokter kandungan

Itulah beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang pastinya dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sejatinya keputihan merupakan perihal normal akan tetapi ia menjadi abnormal apabila sudah dibarengi dengan kondisi tertentu seperti demam, pusing dll.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *