Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan Jika Mobil Lecet

Estacurada – Ketika mobil kesayangan Anda mengalami lecet, Anda bisa melakukan klaim asuransi untuk mobil lecet dengan mudah. Caranya adalah dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Berikut prosedur klaim asuransi kendaraan yang harus Anda lakukan jika mobil mengalami lecet.

asuransi kendaraan

Hubungi Pihak Asuransi Terkait

Sebelum Anda melakukan pengajuan klaim asuransi atas kerusakan mobil yang dialami sebaiknya terlebih dahulu menghubungi pihak asuransi mobil milik Anda. Proses pengajuan klaim harus dilakukan maksimal 3 kali 24 jam setelah terjadi kerusakan maupun kecelakaan.

Anda bisa menghubungi tempat Anda beli asuransi mobil melalui telefon, SMS, email, atau aplikasi perpesanan lainnya. Namun alangkah lebih jika Anda memiliki waktu luang untuk datang langsung ke perusahaan asuransi agar Anda bisa mendapatkan respon yang lebih cepat.

Foto Kendaraan

Jika Anda mengalami kecelakaan yang membuat mobil kesayangan Anda rusak, maka sebaiknya Anda mengambil foto pada bagian mobil yang rusak. Apalagi jika mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup berat bahkan hingga mobil tidak bisa berjalan. Foto ini akan menjadi bukti penting saat Anda melakukan klaim asuransi.

Pastikan Anda mengambil bukti foto tersebut secara detail dan jelas agar pihak asuransi bisa percaya dan mau menerima klaim asuransi. Jangan sampai Anda terkesan membuat alasan yang tidak masuk akal karena akan merugikan bukan hanya untuk saat ini namun juga untuk masa yang akan datang.

Siapkan Dokumen

Sebelum Anda mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi, pastikan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan telah dibawa secara lengkap. Sebaiknya Anda satukan dokumen penting tersebut dalam sebuah map agar tidak tercampur dengan dokumen yang lain.

Dokumen yang perlu Anda bawa biasanya adalah KTP, fotokopi SIM dan STNK, formulir klaim asuransi, salinan polis asuransi, dan sertakan juga surat keterangan dari polisi yang menyatakan bahwa mobil Anda memang telah mengalami sebuah kecelakaan.

Isi Form untuk Pengajuan Klaim

Jika Anda telah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan seperti di atas, maka prosedur selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi form pengajuan klaim. Nantinya Anda akan diberikan form aplikasi oleh perusahaan asuransi untuk kemudian diisi. Anda juga perlu menjelaskan apa yang sedang Anda laporkan dan usahakan untuk mengisi form dengan lengkap.

Jangan sampai ada bagian form yang tidak terisi. Semakin lengkap Anda menjelaskan maka akan semakin baik. Penjelasan yang Anda tuangkan dalam form nantinya akan dijadikan acuan untuk lampiran dalam proses pembiayaan.

Berikan Informasi dan Kronologi Kejadian

Ketika Anda melakukan klaim asuransi di tempat Anda beli asuransi mobil, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan dari pihak perusahaan asuransi. Sebaiknya Anda menjelaskan dengan detail mengenai kronologi kejadian.

Pastikan keterangan yang Anda berikan tidak menimbulkan pertanyaan berikutnya. Jawab pertanyaan dengan mantap tanpa ragu-ragu dan berikan jawaban yang masuk akal sehingga bisa diterima oleh perusahaan asuransi.

Gunakan Bengkel Rekanan

Ketika pengajuan klaim yang Anda lakukan diterima, perusahaan asuransi akan mengeluarkan Surat Perintah Kerja atau biasa disingkat SPK. Surat tersebut berisi mengenai perintah perbaikan kerusakan pada mobil di bengkel rekanan perusahaan.

Besarnya biaya yang ditanggung perusahaan asuransi bergantung pada tingkat kerusakan serta kebijakan dari perusahaan asuransi. Perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi membuat Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas perbaikan yang dilakukan oleh pihak bengkel.

Itulah prosedur klaim asuransi kendaraan jika mobil kesayangan Anda mengalami lecet. Prosedur di atas memang nampak mudah, namun Anda harus benar-benar memperhatikan setiap poin yang ada.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *