Pentingnya Oli Transmisi Untuk Kendaraan

Estacurada – Salah satu komponen penting dari suatu kendaraan yaitu oli. Oli transmisi merupakan komponen dari suatu kendaraan yang berfungsi melumasi mesin agar tidak cepat rusak saat terjadi gesekan-gesekan antar mesin, selain itu oli juga berfungsi sebagai pelindung atau dinding penyekat antar komponen dan juga membantu menjaga kerja mesin agar tidak cepat panas. Nah Anda sebagai pemilik kendaraan harus tahu apa sih pentingnya oli transmisi untuk kendaraan.

Oli transmisi ada dua jenis yaitu oli transmisi manual dan oli transmisi matic. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu untuk oli transmisi manual lebih berperan untuk memuluskan kerja dari komponen pada mesin, sedangkan untuk oli transmisi matic berperan sebagai pelumas dan penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis. Untuk oli transmisi matic mempunyai  peran yang lebih berat dibandingkan dengan oli transmisi manual.

Jika oli transmisi matic sudah encer dan terlalu kotor, maka akan menyebabkan daya pelumasnya berkurang dan oli menjadi cepat panas. Oli yang panas akan menyebabkan kampas rem yang ada transmisinya menjadi cepat aus dan jika dibiarkan terus menerus maka kampas tersebut bisa terbakar. Nah hal tersebut yang menyebabkan mobil mogok, Anda tidak mau bukan kalau perjalanan terganggu akibat mobil yang mogok?

pentingnya oli transmisi

Oli Transmisi Untuk Kendaraan

Nah berikut ini adalah pentingnya oli transmisi yang harus Anda tahu sebagai pemilik kendaraan :

1. Mencegah debu dan kotoran terkontaminasi pada mesin

Sebagai pemilik kendaraan Anda harus rutin mengganti oli transmisi kendaraan, oli transmisi yang lama tidak diganti akan menjadi kotor dan mengental. Jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan komponen bagian dalam transmisi kendaraan mengalami kerusakan. Jika kotoran dan debu dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan lecet pada komponen mesin akibat gesekan kasar dan dapat menimbulkan karat pada mesin.

2. Meningkatkan kinerja mesin

Jika Anda rajin mengganti oli transmisi secara berkala maka akan meningkatkan kinerja dari mesin. Kandungan pada oli transmisi mampu membuat kinerja mesin menjadi seperti baru lagi. Sebaliknya apabila oli transmisi yang tidak pernah diganti akan menjadi kental dan hitam pekat sehingga dapat menyebabkan kualitas oli transmisi semakin menurun, dan dapat menyebabkan keluarnya asap hitam dari kendaraan.

3. Menjaga komponen mesin

Dengan Anda rajin mengganti oli secara berkala maka akan memperlancar gesekan antar komponen mesin sehingga akan mengawetkan mesin itu sendiri. Apabila mesin tersendat atau Anda merasakan suara mesin yang lebih gemuruh daripada biasanya maka itu tanda kalau sudah waktunya mengganti oli transmisinya.

Nah ulasan tersebut adalah beberapa pentingnya oli transmisi yang wajib Anda tahu sebagai pemilik kendaraan agar Anda bisa merawat kendaraan dengan baik. Kalau Anda rutin mengganti oli transmisinya maka kinerja kendaraan akan meningkat dan menjadikannya lebih awet.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *