Obat Yang Dilarang Diberikan Pada Bayi

Estacurada – Bagi para bunda – bunda dirumah tentunya hal yang paling dihindari yaitu jangan sampai anak kita mengalami sakit, karena jika sudah sakit tentunya para bunda juga harus ikut pusing dan kerepotan menghadapi keadaan anak dirumah. Karena terkadang anak belum bisa menggambarkan dengan jelas tentang rasa sakit yang di deritanya akhirnya membuat anak menjadi cranky jika sedang sakit.

Akhirnya solusi yang bisa diberikan yaitu dengan memberikan obat yang dapat meredakan gejala penyakit yang dialami. Tapi apakah bunda – bunda sudah tahu bahwa ada beberapa jenis obat yang tidak bisa diberika kepada anak ? Selain itu ada juga obat yang bisa diberikan pada anak tapi dengan pengecualian tertentu.

Hati – hati ya bunda karena pemberian jenis obat dan juga dosis obat yang salah pada anak bisa menimbulkan efek samping yang lebih parah. Oleh karena itu yuk bunda – bunda kita simak obat apa saja yang sebenarnya harus diperhatikan pemberiannya pada bayi agar kita terhindar dari resiko salah obat, berikut daftarnya :

Chlorpeniramine

1. Obat Batuk dan pilek

Kedua jenis penyakit ini memang termasuk kedalam penyakit yang sering dialami oleh anak – anak tetapi meski begitu bunda harus hati – hati karena pemberian obat batu pilek seperti ekspektoran pada anak berbeda dengan batuk pilek pada orang dewasa. Dosis penggunaan obat inipun harus sangat diperhatikan karena penggunaan obat batuk pilek dapat memberikan efek samping yang cukup serius pada anak.

2. Obat Antihistamin

Alergi pada anak juga bisa saja terjadi, biasanya alergi tersebut terjadi karena anak intoleran terhadap jenis makanan tertentu atau pada kondisi lingkungan tertentu namun pada beberapa kasus alergi pada anak juga disebabkan turunan dar kedua orangtuanya. Namun pemberian obat alergi seperti Chlorpeniramine tidak disarankan untuk anak dibawah 1 tahun karena memiliki efek samping yang cukup serius.

3. Obat Aspirin

Hindari pemberian obat aspirin atau apapun yang mengandung aspirin pada anak tanpa menggunakan resep dokter karena penggunaan obat ini dapat membuat bayi rentan terkena sindrom reye yakni penyakit langka yang dapat berujung fatal pada anak. Jenis obat yang mengancung aspirin contohnya obat yang didalamnya terdapat kandungan Asam asetilsalisilat.

4. Obat Ibuprofen

Ibuprofen memang merupakan salah satu obat yang biasa diberikan kepada anak bayi untuk meredakan demam ataupun menghilangkan rasa sakit pada anak namun ternyata pemberian ibuprofen kepada anak dibawah 6 bulan dapat memberikan resiko kurangnya asupan aliran darah ke ginjal. Biasanya untuk anak dibawah 6 bulan dokter akan meresepkan obat penurun panas jenis lainnya selain ibuprofen.

5. Obat yang digunakan bayi lain

Jika anda menemukan teman anda yang memiliki bayi mengalami jenis penyakit yang sama dengan anak anda maka bukan berarti anda juga bisa memberikan jenis obat yang sama pada anak anda. Ada baiknya anda harus tetap memeriksakan kondisi anak anda ke dokter karena setiap anak memiliki kondisi bawaan yang berbeda – beda.

6. Obat orang dewasa

Pemberian obat orang dewasa tentu saja dihindari untuk anak – anak terutama yang masih berusia dibawah 1 tahun karena dosis yang diberikan pada obat orang dewasa sangat jauh dengan dosis untuk anak dan juga konsentrasi dari tiap obat pun berbeda – beda jenisnya

Itulah beberapa obat yang harus diperhatikan pemberiannya sebelum akan diberikan kepada anak anda yang masih berusia dibawah 1 tahun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak sebelum memberikan obat pada bayi anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *