Menilik Cara Kerja Oli Gardan pada Mesin Kendaraan Anda

Etacurada – Apakah Anda tahu apa itu Oli Gardan? Ya, oli yang tugasnya melumasi mesin transmisi kendaraan ini seringkali diabaikan dan tidak diberi perawatan sebagaimana mestinya. Padahal, cara kerja oli gardan bisa dikatakan sangat krusial untuk kenyamanan laju kendaraan Anda. Yuk, simak uraian tentang betapa penting oli satu ini, termasuk cara kerjanya, di ulasan berikut. Check this out!

cara kerja oli gardan

Apa itu Oli Gardan?

Oli yang berperan besar dalam mesin transmisi ini kerap terabaikan. Pasalnya, oli ini dirasa tidak begitu berperan besar sehingga kala sudah keruh pun, ia tetap tidak diganti dengan yang baru. Padahal dalam prakteknya, oli ini harus diganti secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Akibatnya jelas, oli yang tidak diganti akan menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

Bayangkan jika kendaraan yang kita beli dengan bersusah-payah rusak begitu saja. Selain Anda rugi secara finansial, Anda juga tidak bisa mobilisasi kemana-mana dan jelas itu menyita seluruh waktu, tenaga, dan pikiran Anda. Biaya perawatan kendaraan yang mesinnya rusak parah pun juga tidak murah. Anda bisa mengeluarkan uang dengan nominal nol hingga mencapai 6 digit jika mesin dibiarkan begitu saja.

Cara Kerja Oli Gardan pada Mesin Kendaraan

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu oli gardan dan apa saja fungsi serta efek dari lalainya perawatan, maka kali ini kita akan membahas tentang cara kerjanya. Cara kerja oli gardan sesungguhnya cukup mudah untuk dijelaskan.

Pertama, tentu saja Anda harus mengganti dulu oli gardan lama dengan oli yang baru agar kinerja mesin tetap terjaga. Setelah Anda menggantinya, maka tentu saja oli akan bereaksi sedemikian rupa pada mesin kendaraan. Cara mengetahuinya pun cukup mudah. Jika mesin dan motor bersuara halus kala dibunyikan, maka tandanya oli Anda masih baik-baik saja.

Proses timbulnya suara yang halus itu terjadi lantaran adanya gesekan antara komponen mesin saat pergantian oli. Cairan ini bertugas memperhalus suara mesin dan melancarkan kerja transmisi otomatisnya. Anda tentu tahu banyak sekali komponen kendaraan dalam motor matic yang saling bergesekan kala motor dinyalakan.

Selain memperhalus mesin, cara kerja oli ini yakni juga mencegah karat. Komponen mesin yang terdiri dari logam-logam ini sangat rawan dengan yang namanya karat. Oleh sebab itu, oli menjadi pelumas dan juga membuat karat tidak timbul disana. jangan sampai karatan ya, karena kendaraan Anda akan rusak parah jika mesinnya mengalami hal tersebut.

Tidak hanya itu, oli ini juga berguna untuk mengurangi polusi kendaraan. Secara tidak langsung, kendaraan yang oli gardannya tidak diganti secara berkala akan menjadi penyumbang dalam polusi udara dunia. Asap yang timbul dari kendaraan ini warnanya tentu lebih pekat dan lebih hitam dari biasanya. Kandungan zat residualnya pun juga membahayakan. Oleh sebab itu, oli harus diganti agar dapat mengurangi polusi udara.

Terakhir, oli ini juga bekerja memuluskan kontak gigi gardan sehingga tidak terjadi benturan. Oli gardan yang jarang diganti tentu dapat membuat gigi kendaraan tersendat dan macet. Jika sudah begitu, maka suhu mesin akan meningkat dan antar komponennya bisa rusak. Suhu yang lebih dari batas normal akan menyebabkan ‘konslet’ di berbagai mesin. Maka, gantilah oli ini secara berkala.

Demikian uraian tentang cara kerja oli gardan. Semoga ulasan ini memberi Anda manfaat dan menyadarkan Anda tentang betapa pentingnya oli satu ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *