Mengerti Pentingnya Investasi Sejak Dini

Estacurada – Apa itu investasi? Bagi sebagian besar masyarakat yang menggeluti dunia bisnis tentu tidak asing dengan nama investasi. Investasi merupakan suatu kegiatan atau tindakan yang sekarang dilakukan seseorang dengan harapan di masa depan akan ada manfaat lebih banyak atau keuntungan Oleh karena itu, bentuk investasi ada banyak bentuk dan tidak terbatas pada investasi uang saja. Sebagai contoh mudah, Anda berolahraga rutin dengan harapan selalu sehat dan bugar setiap saat.

Meski bentuk investasi ada banyak, kebanyakan konteks uanglah yang dibicarakan dalam investasi. Investasi dalam bentuk finansial memang penting untuk masa depan karena bisa menjamin hidup kehidupan yang lebih baik. Investasi finansial perlu dilakukan sejak dini dengan cara mengakumulasi kekayaan.

apa itu investasi

Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

Investasi bisa diartikan sebagai menabung kekayaan dan ini penting dilakukan siapa saja karena bisa membantu menciptakan masa depan lebih cerah. Berikut alasan pentingnya berinvestasi sejak dini.

Menjamin Masa Depan

Tidak bisa disangkal bahwa setiap orang akan semakin bertambah tua. Walaupun waktu yang dibutuhkan tidak sebentar namun tentu tidak selamanya Anda bisa produktif bekerja. Setelah pensiun kerja nanti kebutuhan hidup tetap bisa terpenuhi dan masa tua bisa dinikmati dengan santai merupakan harapan setiap orang. Namun fakta yang terjadi malah sebaliknya, karena tidak cukup cermat menata finansial hingga tua masih saja kerja keras untuk mencukupi kebutuhan.

Jika tidak ingin demikian, maka itulah pentingnya melakukan investasi sejak dini. Karena di masa depan, Anda bisa memetik buah dari investasi yang dilakukan saat sekarang hingga masa depan terjamin aman.

Mewujudkan Mimpi

Memiliki mimpi yang ingin diwujudkan? Anda bisa mewujudkannya di masa depan dengan bantuan dari investasi. Mungkin Anda bermimpi memiliki anak dan rumah sendiri setelah berkeluarga. Namun sayangnya harga kebutuhan anak dan properti terus meningkat. Sedangkan kecil kemungkinanĀ  menabung dalam waktu sebentar untuk mendapatkan mimpi Anda. Harga properti dan kebutuhan hidup biasanya terus mengalami kenaikan, meski harganya sekarang bisa dijangkau namun belum tentu satu atau dua tahun lagi sama. Dengan berinvestasi, Anda bisa mewujudkan mimpi tanpa perlu takut dikejar inflasi harga.

Lalu, Apa Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula?

Jika Anda masih pemula dalam hal investasi, maka pilihan terbaik adalah mencoba melakukan investasi berjangka pendek. Pemula yang ingin coba-coba bermain investasi bisa mulai dari jenis ini karena kurang dari waktu setahun saja, Anda sudah bisa memetik hasilnya. Investasi berjangka pendek ada banyak bentuknya mulai dari:

Deposito Berjangka

Anda bisa mencoba melakukan deposito berjangka melalui bank sebagai langkah awal investasi. Investasi satu ini hampir dimiliki oleh semua bank lokal Indonesia. Jika Anda sering menabung di bank maka mirip dengan produk investasi ini. Namun bedanya adalah jika tabungan biasa bisa ditarik kapan saja maka deposito berjangka baru bisa ditarik setelah jangka waktu tertentu misalnya 3 bulan hingga 12 bulan. Untungnya lagi bunga deposito juga lebih tinggi dari bunga tabungan biasa.

Investasi jangka pendek memang lebih cepat menghasilkan keuntungan dan tidak sulit melakukannya. Jika Anda tertarik dengan dunia investasi maka belajar investasi lebih detail dari Super You dan temukan artikel-artikel menarik seputar dunia investasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *