Mengenal Pulau Kei, Pulau Paling Tenggara di Indonesia

Estacurada – Anda senang bepergian, baik di dalam negeri maupun luar negeri? Jika ya, pastikan Anda sudah memiliki asuransi perjalanan online, ya! Mengingat situasi sering kali tidak menentu, produk perlindungan tersebut akan memudahkan aktivitas traveling Anda. Sebab, Anda tidak perlu khawatir soal segala risiko yang mungkin terjadi sebelum, saat, atau bahkan sesaat setelah liburan. Nah, jika Anda sedang berencana untuk traveling di dalam negeri, Kepulauan Kei bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi, lho! Keindahan wisata alamnya yang jarang terekspos dan belum banyak diketahui membuat Pulau Kei disebut surga tersembunyi di Maluku Tenggara. Penasaran, kan, ada apa saja di Pulau Kei? Simak ulasannya dalam artikel ini untuk mengenal Pulau Kei, ya!

pulau kei

Lokasi Pulau Kei

Kepulauan Kei menjadi bagian dari Provinsi Maluku yang memiliki luas pulau 1438 km2. Letaknya ada di bagian tenggara Kepulauan Maluku. Kepulauan Kei terletak di sebelah selatan Semenanjung Kepala Burung Irian Jaya, sebelah barat Kepulauan Aru dan di Kepulauan Tanimbar Timur Laut. Penduduk setempat menyebut Pulau Kei sebagai Nuhu Evav atau Tanah Evav, tetapi lebih dikenal dengan nama Kai atau Kei oleh penduduk dari pulau luar.

Cara Menuju Pulau Kei

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana, sih, caranya ke Pulau Kei? Yang perlu Anda tahu, tidak ada penerbangan langsung menuju Kepulauan Kei. Untuk sampai ke sana, Anda harus transit sekali di Bandara Internasional Pattimura, Ambon. Kemudian, Anda bisa ikut penerbangan selanjutnya ke Kota Tual, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara, menggunakan pesawat baling-baling ATR selama kurang lebih 75 menit. Opsi lain dari pesawat baling-baling ATR adalah menaiki kapal laut dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon ke Pelabuhan Tual selama kurang lebih 18 jam.

Destinasi Wisata di Pulau Kei

Belum banyak yang memasukkan Pulau Kei ke dalam salah satu destinasi liburannya. Sebab, kepulauan ini masih cukup terdengar asing, belum lagi potensi wisata masih jarang diketahui. Padahal, Pulau Kei mempunyai banyak destinasi wisata yang unik dan menakjubkan, lho. Beberapa tempat wisata unggulan di Pulau Kei ada Pantai Ngurbloat yang berpasir begitu lembut dan halus sehingga dinobatkan sebagai pantai terhalus se-ASIA dan kedua di dunia oleh National Geographic. Lalu ada juga Gua Hawang yang sebenarnya adalah kolam air tawar yang dikelilingi oleh hutan. Air di gua ini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam ini dengan jelas. Selain itu ada juga Gua Luvat, Bukit Masbait, Pulau Bair, Pantai Ngur Sarnadan, dan masih banyak lagi destinasi wisata yang sungguh indah!

Makanan Khas Pulai Kei

Rasanya traveling tidak akan lengkap apabila belum mencoba makanan khas daerah tersebut. Nah, di Pulau Kei tentu punya beberapa makanan khas yang bisa Anda coba. Salah satu kuliner yang bisa Anda coba selama di Kei adalah Lad, olahan rumput laut segar yang ditumis dengan bawang-bawangan dan cabai, atau bisa juga dicampur dengan kelapa parut. Kuliner lain yang bisa Anda coba ada Kue Langar yang terbuat dari singkong yang disangrai setengah matang dan disiram dengan santan, dan Bubuhuk, Kue Srikaya, serta Embal.

Itulah ulasan singkat mengenai Pulau Kei yang ternyata mempunyai banyak destinasi wisata alam yang indah. Bagaimana, apakah kini Pulau Kei masuk ke dalam daftar destinasi traveling Anda selanjutnya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *