Mengenal Hari Cuci Tangan Sedunia dan Tujuan Peringatannya

Estacurada – Sejak tahun 2008, tanggal 15 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Hand Washing Day. Peringatan tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dunia, akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Mencuci bersih tangan dengan sabun, sangat berperan dalam menjaga kesehatan tiap orang di muka bumi.

hari cuci tangan sedunia

Sejarah Peringatan Hari Mencuci Tangan Sedunia

Tingginya tingkat kematian balita di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit diare, memicu timbulnya gagasan atas hari peringatan ini. Setiap harinya, ada lebih dari 5 ribu balita yang meninggal di seluruh dunia karena penyakit diare. Lingkungan yang kotor serta terbatasnya akses mendapatkan air bersih, merupakan dua penyebab utama dari penyakit ini.

Salah satu cara meminimalisasi kemungkinan penyakit ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan cuci tangan, menurunkan risiko diare hingga 50%. Menyadari pentingnya kebiasaan ini, maka saat Pertemuan Tahunan Air Sedunia di tahun 2008, ditetapkanlah tanggal 15 Oktober sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia.

Pada tahun awal peringatan hari ini, target dari kampanye ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Para pendukung kampanye ini bertekat untuk dapat membiasakan anak-anak sekolah di lebih dari 70 negara, mencuci tangannya dengan menggunakan sabun. Setiap tahunnya, hari ini diperingati dengan kegiatan mencuci tangan serentak di seluruh dunia.

Pentingnya Menerapkan Kebiasaan Cuci Tangan dengan Sabun

Seberapa penting sih cuci tangan itu? Ditetapkannya satu hari khusus untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, menandakan bahwa kebiasaan cuci tangan, bukanlah hal yang patut disepelekan. Peringatan ini bertujuan agar setiap orang di seluruh dunia, khususnya anak-anak, sadar bahwa mencuci tangan merupakan bentuk perlindungan atas kesehatan tubuhnya.

Tangan merupakan media yang sangat mudah untuk menularkan penyakit. Pada telapak tangan Anda, terdapat miliaran bakteri, kuman, dan virus yang siap menginfeksi tubuh Anda. Bakteri, kuman, dan virus ini bisa bersal dari mana saja. Anda bisa mendapatkannya saat berjabatan tangan dengan orang lain, dari uang yang dipegang, dari genggaman pintu, dan sumber lainnya.

Bagi yang tak terbiasa mencuci tangan, akan rentan terjangkit penyakit dari bakteri, kuman, dan virus yang terdapat di tangan kotor. Penyakit yang mungkin akan diderita seperti diare, disentri, pneumonia, infeksi saluran kencing, dan radang tenggorokan. Apa Anda lebih mau terjangkit penyakit, daripada menyempatkan diri sebentar untuk mencuci tangan dengan sabun?

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari hari peringatan ini adalah setiap orang dapat mencuci tangannya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, untuk menyukseskan gerakan baik ini, Anda pun harus bisa mempraktikkan cara cuci tangan yang benar. Jangan sampai cuci tangan asal-asalan saja, karena tak akan bisa membasmi kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Untuk memulainya, basahi dulu tangan dengan air. Kemudian, ambil sedikit sabun, baik itu berbentuk cair maupun padat. Sabuni tangan secara menyeluruh, terutama di bagian sela-sela jari dan di bawah kuku. Gosok tangan selama lebih kurang 20 detik, kemudian baru cuci bersih tangan dengan air mengalir. Terakhir, Anda bisa membiarkannya kering dengan sendirinya.

Adanya peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia menandakan pentingnya kebiasaan cuci tangan untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Cuci bersih tangan Anda, terutama saat sebelum makan. Menerapkan kebiasaan baik ini dalam keseharian Anda, akan membuat Anda terhindari risiko terjangkit penyakit seperti diare, disentri, serta infeksi saluran kencing.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *