Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan, Arab-Latin Beserta Artinya

Estacurada – Hujan adalah rahmat yang diberikan dari Allah kepada manusia maupun makhluk lain yang hidup di muka bumi ini. Hujan bisa membawa kebaikan bagi para makhluk hidup, tetapi bisa juga menjadi bencana.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk membaca doa ketika turun hujan agar setiap tetes air yang turun ke bumi menjadi berkah dan bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Ada beberapa doa yang bisa kalian baca ketika turun hujan, berikut ini adalah beberapa diantaranya!

doa ketika turun hujan

Doa ketika turun hujan

Ketika baru turun hujan, kamu bisa berdoa kepada Allah agar setiap tetes air yang jatuh dari langit ini bisa bermanfaat bagi kehidupanmu maupun manusia lain. Berikut adalah doa ketika turun hujan:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an

Artinya: Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

 Doa ketika hujan lebat

Ketika hujan mulai menjadi lebat, ada juga doa yang bisa kalian bacakan, doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim)

Doa setelah turun hujan

Setelah turun hujan, sudah jelas juga bahwa kita harus membaca doa sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Berikut ini adalah doanya:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

Doa hujan dengan angin kencang

Ketika hujan hadir disertai dengan angin kencang, kalian bisa membaca doa untuk meminta perlindungan kepada Allah, maupun meminta agar hujan ini memberikan kebaikan. Ini adalah doanya:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Doa ketika hujan disertai petir

Nah, ketika ada hujan yang disertai petir, kalian juga bisa berdoa agar mendapatkan perlindungan dari Allah, doanya sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa meminta hujan berhenti

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. (HR Bukhari)

Itulah beberapa doa ketika turun hujan yang bisa kami sampaikan kepada kalian. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan artikel ini.

Terima kasih telah membaca sampai selesai, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca maupun penulisnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *