Ketahui Sejak Dini Perawatan Pasca Total Knee Replacement

Estacurada – Perawatan setelah operasi penggantian lutut sangat penting dilakukan untuk mempercepat kesembuhan Anda. Saat masa pemulihan ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena akan memperparah kondisi pasca operasi. Anda harus melakukannya dengan intensif agar biaya operasi TKR yang sudah dibayar tak sia-sia. Berikut cara perawatan yang tepat setelah operasi.

total knee replacement

1. Minum Obat Sesuai Resep Dokter

Setelah menjalani operasi dokter akan member Anda obat guna mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada bagian lutut. Selain itu, obat berfungsi untuk menjaga kondisi Anda agar tidak terjadi infeksi maupun gumpalan darah. Obat yang biasanya akan diberikan berupa NSAID (Nonsteroidal antiinflamatories) untuk meredakan nyeri. Anda juga akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi. Obat harus diminum sesuai aturan dokter. Jangan minum melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Rawat Luka dengan Baik

Pasca operasi Total Knee Replacement, bagian lutut harus diperban atau bebat. Hal ini dilakukan untuk menyerap darah yang merembes dari luka. Dokter biasanya akan memberitahu Anda cara untuk merawat perban tersebut dan waktu yang tepat untuk menggantinya. Perban memang harus diganti secara berkala agar luka tetap bersih dan kering.

3. Posisikan Kaki Lebih Naik

Salah satu terapi atau perawatan sederhana pasca operasi yang harus Anda lakukan yaitu menaikkan posisi kaki selagi beristirahat. Lakukan cara ini sambil berbaring maupun duduk. Posisi ini sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dan tak ada pembekuan darah.

4. Latihan Berjalan

Meski setelah melakukan operasi, bukan berarti Anda boleh beristirahat secara terus menerus dan sedikit gerakan. Hal ini justru akan membuat kaki Anda kaku. Sebaiknya Anda mulai belajar berjalan. Anda bisa berjalan pelan-pelan di dalam rumah. Hal ini akan merangsang aliran darah dan mempercepat masa penyembuhan.

5. Kompres Lutut dengan Air Es

Hal berikutnya yang harus dilakukan setelah operasi Total Knee Replacement yaitu dengan mengompres lutut dengan air es. Anda bisa melakukannya dengan handuk kecil atau waslap. Kompres lutut sekitar 15 menit setiap hari. Hal ini bertjuan untuk mengurangi rasa sakit dan membatasi pembengkakan.

6. Berhenti dari Aktivitas Berat

Untuk sementara waktu, sekitar 6-8 minggu Anda dilarang melakukan aktivitas berat. Anda hanya boleh berjalan pelan di dalam rumah. Olahraga fisik masih belum boleh dilakukan. Hal ini dapat membuat sakit di lutut setelah operasi.

7. Lakukan Latihan Lutut

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu berlatih menggunakan beban. Latihan ini bisa dilakukan jika kondisi sudah mulai membaik setelah dua bulan pasca operasi. Latihan ini antara lain dengan setengah jongkok berdiri sekitar 15 hingga 30 detik. Jangan memaksakan jika Anda sulit melakukannya. Anda bisa meminta bantuan keluarga untuk mengawasi aktivitas ini.

Setelah melakukan operasi bukan berarti Anda bisa bebas tanpa melakukan perawatan. Justru Anda harus ekstra melakukan perawatan demi kesembuhan lebih cepat. Masa pasca operasi menjadi waktu yang penting dalam merawat luka bekas operasi. Biaya operasi TKR sekitar 70 juta tidak akan terbuang begitu saja jika Anda lebih rajin pengobatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *