Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

Estacurada – Mengirim paket ke luar negeri masih menjadi bahan pertimbangan bagi masyarkat Indonesia. Hal ini sendiri karena tidak banyak yang mengetahui jasa ekspedisi ke luar negeri yang dapat dipercaya. Tapi, bagi Anda yang membutuhkan jasa kirim paket ke luar negeri, mungkin dapat melihat beberapa tips yang akan dijelaskan di bawah ini.

Tips Memilih Jasa Kirim Ke Luar Negeri

Mengirim paket ke luar negeri terbilang cukup meragukan, mengingat biaya yang dibutuhkan juga besar serta regulasinya yang masih tidak banyak diketahui. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan penting untuk mengirim barang ke luar negeri, berikut ini adalah tips untuk memiliki jasa pengiriman yang tepat:

mengirim barang ke luar negeri

1. Lihat izin ekspedisi

Perusahaan jasa pengiriman yang telah terpercaya biasanya sudah mempunya izin ekspedisi. Walaupun terkesan sepele, tapi surat ini sangatlah penting. Mengapa demikian? Hal ini karena prosedur ekspor lebih rumit dibandingkan dengan mengimpor barang. Banyak sekali perusahaan jasa yang sudah berani mengirim barang ke luar negeri, tapi belum memiliki surat izin ini.

Tidak adanya surat sudah pasti sangatlah beresiko untuk Anda yang ingin menggunakan jasa pengiriman ke luar negeri. Karena biasanya mereka tidak akan bertanggung jawab apabila ada barang rusak ataupun hilang. Apabila situasi tersebut Anda alami, tentu saja akan sangat merugikan. Jadi pastikan bahwa jasa pengiriman memiliki surat izin ekspedisi yang resmi.

2. Lihat review

Selanjutnya adalah Anda harus melihat review dari jasa pengiriman ekspor yang ingin dipilih. Mau bagaimana pun jasa pengiriman harus mengedepankan kepercayaan konsumen, sehingga jelas mereka pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik. Anda dapat melihat review mungkin dari situs yang dimiliki atau forum diskusi.

Tidak semua ekspedisi dapat memuaskan seluruh pelanggan, karena sudah pasti ada kendala yang dihadapi. Namun, setidaknya Anda dapat menilai mana jasa yang sekiranya memberikan respon baik terhadap semua complain yang diberikan. Jika memang review yang diberikan buruk, lebih baik urungkan niat untuk menggunakan jasa pengiriman tersebut.

3. Estimasi waktu dan biaya

Dalam memilih jasa pengiriman barang ada dua hal paling penting yang perlu diperhatikan, yaitu dari estimasi waktu serta biaya yang dikenakan. Ada banyak sekali jasa ekspedisi yang memiliki estimasi waktu pengiriman sekitar 3 hingga 5 hari, ada juga yang memakan waktu lebih lama. Anda hanya perlu memastikan bahwa estimasi yang diberikan sudah sesuai atau belum.

Sedangkan untuk biaya, biasanya tergantung dari negara yang dituju, berat barang hingga pelayanan mana yang dipilih. Semakin cepat layanan dan ringan barang, biaya yang dikenakan bisa semakin mahal. Agar dapat memperkirakan biaya pengiriman, Anda bisa bertanya langsung ke jasa pengiriman dan bandingkan dengan jasa lainnya.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memilih jasa pengiriman barang ke luar negeri. Tips tersebut juga berlaku bagi Anda yang ingin mengirim barang ekspor ke Jepang. Sebisa mungkin pilihlah jasa ekspedisi yang memang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *