Jangan Sembarang Cabut Gigi Sendiri!

Estacurada – Cabut gigi kerap menjadi solusi untuk menghilangkan rasa sakit akibat penyakit gigi yang diderita. Namun perlu diketahui, cabut gigi tidak bisa dilakukan sembarangan. Bagi kebanyakan orang mencabut gigi dianggap bukanlah hal sulit untuk dilakukan sendiri. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk mencabutnya sendiri tanpa bantuan dokter. Padahal, mencabut gigi sendiri tanpa bantuan ahli bisa berakibat fatal. Infeksi pada gigi bisa saja terjadi akibat proses mencabut gigi yang tidak tepat. Terjadinya infeksi pada sisa gigi dapat mempengaruhi gusi dan organ vital lainnya.

Dari beberapa kasus sinusitis, infeksi pada gigi menjadi faktor utama penyebabnya. Bagaimanapun juga semua prosedur pencabutan gigi termasuk bedah. Bila dilakukan oleh sembarang orang yang notabene bukan ahli medis maka bisa menimbulkan sumber infeksi. Jika terjadi infeksi, gigi yang sudah dicabut akan merusak pembuluh darahnya yang berakibat kuman di gigi tersebut bisa menyebar ke organ-organ lain di tubuh seperti paru-paru, mata, hati atau organ lain yang justru dapat menimbulkan masalah baru. Inilah sebabnya kenapa kuman yang di gigi dan mulut bisa merusak organ lain.

Walaupun demikian, masih ada beberapa orang yang memilih langkah aman dengan mencabut giginya di klinik cabut gigi yang ditangani oleh dokter yang ahli di bidangnya. Kebanyakan orang mengaku takut mencabut gigi sendiri karena adanya mitos yang menyebutkan bahwa mencabut gigi sembarangan bisa menyebabkan kebutaan. Perlu untuk diketahui bahwa tidak ada hubungan langsung antara saraf gigi dan saraf mata. Maka bisa saja dilakukan prosedur pencabutan gigi, selama gigi yang akan dicabut tidak terinfeksi, tidak bengkak, dan sudah mengonsumsi antibiotik sebelumnya. Beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu juga tidak boleh mencabut gigi sembarangan dan membutuhkan perhatian khusus, yaitu:

klinik cabut gigi

1. Penderita diabetes

Umumnya orang yang memiliki diabetes akan sulit sembuh jika terjadi luka, sementara semua orang tahu bahwa mencabut gigi akan menimbulkan luka. Karena itu sebaiknya mengontrol gula darah terlebih dahulu, jika kadarnya sudah normal maka gigi boleh dicabut.

2. Penderita tekanan darah tinggi (hipertensi)

Saat tekanan darah sedang tinggi, maka tekanan yang dihasilkan di pembuluh darah juga besar. Jika dilakukan cabut gigi, maka bisa menyebabkan pendarahan atau darah susah sekali dihentikan.

3. Ibu hamil

Sebaiknya hindari mencabut gigi terutama saat usia kehamilan trimester pertama dan ketiga. Karena diduga obat bius (anestesi) yang diberikan sebelum mencabut gigi kemungkinan dapat menimbulkan kontraksi yang bisa berakibat pada keguguran.

Sebaiknya lakukan rontgen foto panoramix sebelum mencabut gigi dan jangan lupa konsultasi dengan dokter gigi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *