Ini Tanda AC Harus Segera Diservis Meski Masih Dingin

Estacurada – Berada di ruangan yang ber-AC jelas sangat mengasikkan terlebih ketika udara di luar sedang panas-panasnya. Namun, tak selamanya Anda bisa begitu terlebih bila AC menunjukkan tanda-tanda butuh diservis. Anda bisa memanggil tukang servis AC untuk cuci AC Anda sehingga bisa bekerja dengan maksimal lagi. Tapi, apa tanda bahwa AC Anda butuh diservis?

1. AC Kotor

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa AC Anda harus diservis segera adalah AC Anda kotor. Secara kasat mata AC yang kotor memang tak akan terlihat kotor. Padahal, AC tersebut sebenarnya penuh dengan debu dan kotoran akibat kinerjanya yang menyaring udara kotor. Bila AC-nya kotor, tentunya udara yang dihasilkan juga kotor.

Anda mungkin bisa mengetahui dari udara yang ada meski sangat susah terjadi. Namun, Anda bisa memanggil jasa servis AC minimal setiap tiga bulan sekali untuk memberishkan AC Anda. Ingat, AC yang kotor sebenarnya juga tak bagus digunakan. Sebab, bisa membuat penggunanya sakit karena berbagai debu, kotoran dan bakteri yang ada di dalamnya.

2. Freon AC Bocor

Selain itu, tanda bahwa Anda butuh memanggil jasa servis AC dan melakukan cuci AC adalah freon AC bocor. Ciri dari freon yang bocor ini sebenarnya sangat mudah dilihat. Pernah merasa AC Anda tidak dingin padahal sudah dinyalakan lama dan bahkan sering dibersihkan? Iya? Itulah tanda bahwa freon AC Anda bocor.

Sayangnya, untuk mengetahui bagian mana yang bocor, Anda harus memanggil tukang servis AC untuk mengetahui dengan tepat. Tukang servis tersebut pun harus memiliki alat khusus dan pengetahuan tentang AC agar bisa memperbaikinya. Kebocoran tersebut sebenarnya bisa terjadi karena beberapa masalah.

Salah satunya adalah pipa saluran yang berfungsi mengalirkan udara dingin menuju keluar tersumbat oleh debu dan kotoran. Selain itu, juga bisa terjadi karena sambungan instalasi pipa yang mulai kendor. Masalah lainnya, juga bisa terjadi karena kapasitor dari AC tersebut bermasalah.

Perlu Anda tahu, mengecek freon AC yang bocor tidak mudah. Butuh ketelitian dan kehalian dalam bidang ini untuk memastikan bagian mana yang bermasalah. Jadi, bila Anda tak memiliki kemampuan dalam hal ini, berhentilah mengotak-atik sendiri dan panggil jasa servis AC secepatnya.

3. Posisi AC Salah

Selain itu, tanda bahwa AC Anda juga perlu memanggil tukang servis AC dikarenakan posisi AC-nya salah. Meski Anda tak sadar, faktor ini juga bisa merusak AC. Oleh sebab itu pemasangan AC harus menggunakan jasa orang yang sudah profesional untuk memasangnya. AC yang terpasang di tempat yang tak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada AC tersebut.

Selain itu, AC yang salah posisinya juga lebih rentan bocor. Ada cara memasang AC yang benar yakni dengan mengatur posisi lebih miring ke bagian belakang dan mengarah ke luar. Hal ini dimaksudkan agar aliran air bisa mengalir dengan lancar ke saluran pembuangan.

Bila tidak dipasang seperti itu, air dari AC bisa menyebabkan lantai ruangan basah dan menyebabkan AC tersebut juga rusak. Jadi, Anda bisa rugi berkali-kali bila hal ini terjadi pada AC Anda, kan?

Nah, jadi apakah Anda sudah memutuskan untuk memanggil jasa tukang AC untuk cuci AC Anda? Kalaupun tidak melakukan penyucian AC, mungkin bisa untuk menyervis saja. Kalau membutuhkannya, silahkan saja hubungi sejasa.com dan dapatkan pelayanan terbaik dari Sejasa untuk AC Anda. Dijamin, Anda akan puas dan AC akan bekerja dengan maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *