Ini Latihan Gerak Lutut Pasca Operasi Total Knee Replacement

Estacurada – Operasi TKR merupakan solusi untuk beberapa penyakit lutut yang dialami. Biaya operasi TKR memerlukan dana yang tidak sedikit mulai dari Rp20.000.000 hingga lebih sesuai dengan dokter dan rumah sakit yang menangani. Setelah melakukan operasi maka penting untuk Anda melakukan latihan gerak lutut agar lutut dapat kembali berfungsi dengan normal.

1. Latihan Isometrik

Sebuah latihan kekuatan untuk sendi dan otot yang dilakukan dalam kondisi statis tanpa perlu banyak bergerak. Latihan ini dilakukan setelah dua minggu keluar dari rumah sakit. Tujuannya untuk dapat menguatkan urat-urat lutut. Bentuk latihan ini dengan menggerakkan lutut di atas tempat tidur secara perlahan atau melakukannya sambil duduk di dekat tempat tidur.

Latihan gerak akan lebih aman dilakukan dengan mengenakan immobilizer sendi lutut. Alat ini akan membantu proses pembentukan pada bagian otot lutut agar bisa segera digerakkan seperti biasanya. Alat ini bisa Anda tanyakan kepada dokter spesialis yang melakukan pembedahan. Jika tersedia maka bisa ditambahkan ke dalam biaya operasi TKR dan dapat digunakan pasca operasi.

2. Latihan Active ROM

Sebuah bentuk latihan dengan gerakan yang akan membuat kontraksi secara aktif pada otot melalui sendi lutut. Anda dapat melakukan gerakan ini setelah rutin melakukan latihan isometrik pasca total knee replacement. Anda dapat memulai latihan secara bertahap dengan melakukan gerakan berdiri di samping ranjang menggunakan alat bantu lutut immobilizer.

Setelah melakukan latihan berdiri dengan penambahan waktu secara bertahap setiap hari. Jika lutut Anda tidak merasakan nyeri maka bisa berangsur dengan latihan berjalan secara perlahan. Anda bisa melakukan latihan ini secara perlahan di setiap pagi dan sore hari untuk membuat otot-otot bagian lutut menjadi terlatih. Latihan yang dilakukan agar otot-otot tidak kaku.

3. Latihan Isotonik

Latihan isotonik merupakan latihan terarah untuk menguatkan otot-otot sehingga mampu melawan tekanan dari luar yang dilakukan. Latihan ini dilakukan setelah lutut menjalani dua jenis latihan sebelumnya dengan baik. Latihan isotonik dapat dimulai dengan melakukan perenggangan pada bagian lutut secara rutin.

Anda bisa mulai melipat kaki dan meluruskannya kembali sehingga terjadi pergerakan pada bagian otot lutut. Lakukan dengan sangat hati-hati dengan dipandu oleh fisioterapi agar lebih aman. Setelah itu, lakukan gerakan memutar pada bagian sendi lutut secara perlahan untuk membuat otot-otot lutut dapat menjadi lebih kuat.

Setelah itu latihan dapat dilakukan dengan mulai berjalan dengan waktu yang lebih lama di sekeliling rumah saja tanpa ada pegangan. Jika kondisi semakin membaik, Anda bisa melepaskan alat bantu immobilizer sendi lutut agar otot bisa terbiasa.

Tidak hanya biaya yang perlu dipersiapkan pasca melakukan operasi total knee replacement, tetapi juga kesiapan mental. Mulai dari sebelum melakukan operasi hingga selesai operasi. Rutin melakukan latihan pasca operasi merupakan langkah yang tepat agar otot-otot sendi lutut segera pulih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *