Deretan Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Estacurada – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ASI merupakan makanan pokok untuk bayi yang baru lahir. Pada umumnya, ASI ini diperuntukan bagi bayi berusia 0 hingga 2 tahunan. ASI itu sendiri memiliki beragam kandungan penting untuk tubuh bayi seperti mineral, vitamin, asam amino, enzim, air, protein, lemak, karbohidrat, dan sel darah putih yang mampu melindungi bayi dari penyakit tertentu. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa jenis makanan yang bagus untuk ibu menyusui lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

ibu menyusui

1. Buah Pepaya

Jenis makanan pertama yang harus dikonsumi oleh ibu menyusui, yakni bernama buah pepaya. Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Bukan hanya itu saja, ia juga memiliki kandungan zat besi yang mampu membantu untuk memperlancar produksi ASI lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kadar lemak jenuh pada buah pepaya sangatlah rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Masih belum habis, ternyata buah pepaya kaya akan kandungan serat yang berfungsi untuk melancarkan system pencernaan bagi ibu hamil maupun menyusui.

2. Daun Katuk

Selain buah pepaya, daun katuk juga termasuk kedalam salah satu daftar makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil lho. Mengapa demikian? Soalnya, daun katuk kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, C, zat besi, protein, karbohidrat, lemak, dan masih banyak lagi. Berdasarkan dari hasil penelitian, daun katuk diyakini mampu meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin yang mempunyai pengaruh penting dalam produksi ASI. Daun katuk tersebut bisa kamu konsumsi dengan cara di jus, atau juga dijadikan hidangan sayur berkuah.

3. Kacang Almond

Dari sekian banyaknya jenis kacang-kacangan yang ada, almond ini merupakan salah satu jenis kacang-kacanan yang bagus untuk ibu menyusui. Selain kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, kacang almond juga memiliki kandungan penting lainnya seperti vitamin B kompleks dan vitamin E. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, mengonsumsi kacang almond diyakini dapat mengurangi lemak jahat serta menyehatkan jantung. Kamu pun bisa mengonsumsi kacang almond tersebut dengan cara dipanggang, atau dijadikan topping pada kue.

4. Bayam

Pada umumnya, kebanyakan ibu yang menyusui itu sangat rentan kehilangan zat besi. Padahal, zat besi ini berfungsi untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah. Maka dari itu, ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengonsumi bayam karena kaya akan kandungan zat besi, serta mengandung enzim fitoestrogen yang dapat memperlancar produksi ASI. Tak hanya itu, bayam juga mempunyai kandungan vitamin B6 yang berguna untuk memelihara daya tahan tubuh bayi. Agar kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya tidak rusak, maka saat memasak bayamnya jangan sampai terlalu matang ya!

5. Wortel

Siapa bilang bahwa wortel hanya bagus untuk kesehatan mata saja? Buktinya, wortel ini juga sangat bagus untuk ibu menyusui. Soalnya, wortel memiliki kandungan beta karoten dan beragam vitamin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Bukan hanya itu, wortel juga diyakini dapat meningkatkan stamina dan energy bagi ibu hamil. Kamu bisa mengolah wortel dengan cara dijadikan minuman jus, atau disantap dengan cara di sop.

Itulah deretan jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *