Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda yang Mudah Diterapkan

Estacurada – Hamil muda memang sangat erat sekali dengan citra mual dan muntah. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar dan nyaris setiap wanita mengalaminya. Hanya saja, mual dan muntah yang berlebihan dan terus-menerus memang sangat mengganggu. Tapi, Anda bisa terhindar darinya dengan menerapkan cara mengatasi mual saat hamil muda di bawah ini, kok!

cara mengatasi mual saat hamil

1. Bangunlah Lebih Pagi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar mual dan muntah tak terlalu sering terjadi selama masa kehamilan adalah bangun lebih pagi dari biasanya. Bila Anda biasanya bangun jam 7 pagi, bangunlah jam 6 atau jam lima. Bangunlah dengan santai. Jangan terburu-buru karena itu malah bisa membuat kepala Anda lebih pusing dan mual makin menjadi.

2. Hindari Makan Terlalu Kenyang

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mual saat hamil adalah tidak makan terlalu kenyang. Makanlah sedikit-sedikit namun sering. Selalu sediakan makanan kecil ke manapun Anda pergi untuk menghindari keadaan terlalu lapar atau terlalu kenyang sehingga mual tak datang.

Biasakanlah minum setengah jam sebelum atau sesudah Anda makan. Cara ini juga bisa membuat Anda terhindar dari mual berlebihan. Minumlah sedikit-sedikit namun sering seperti aturan makannya. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih terhidrasi.

3. Cium Aroma Wewangian Segar

Ada baiknya Anda mencium aroma wewangian segar untuk menghilangkan rasa mual. Pada umumnya, indera penciuman ibu hamil ini sangat baik selama masa hamil. Oleh sebab itu, mencium aorma segar bisa membuat Anda lebih tenang dan mual akan hilang. Aroma segar yang dimaksud seperti aroma lemon dan rosemary yang bisa kurangi mual saat hamil muda.

4. Konsumsi Jahe dan Permen Jahe

Anda juga bisa mengatasi mual dan muntah di awal kehamilan dengan banyak mengonsumsi jahe dan permen jahe. Jahe disebut-sebut mampu mengatasi mual parah selama kehamilan. Tak usah dikonsumsi langsung, Anda bisa menambahkan irisan tipis jahe ke teh atau air hangat saat mengonsumsinya untuk memberikan efek rileks pada Anda.

5. Alihkan Perhatian ke Hal yang Disukai

Cobalah untuk mengalihkan pikiran Anda ke hal yang lebih disukai. Cara yang satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi rasa mual sementara waktu. Anda bisa membaca buku, bermain game, menonton atau jalan-jalan menghirup udara segar untuk mengurangi rasa mual tersebut. Berolahraga juga boleh, tentunya yang ringan saja.

6. Menghindari Hal yang Membuat Merasa Mual

Tentu saja, Anda juga wajib menghindari hal yang membuat Adna merasa mual. Selama hamil, tentu saja ada hal yang bisa memicu rasa mual itu, kan? Misal aroma masakan tertentu. Nah, agar mual Anda tak terus-terusan terjadi, baiknya hindarilah hal itu untuk sementara. Hal ini juga efektif untuk mengatasi mual dan keinginan muntah.

7. Perbanyak Istirahat

Istirahatlah yang cukup. Ini adalah cara paling sederhana dan ampuh untuk mengatasi mual yang dialami. Luangkanlah waktu untuk tidur sejenak di siang hari. Ambil napas dalam-dalam setiap Anda merasa lelah melakukan sesuatu dan istirahatlah sejenak bahkan sekadar duduk saja. Dengan begitu, rasa mual yang Anda alami akan berangsur surut.

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang bisa Anda terapkan. Mual memang sangat mengganggu terlebih bila aktivitas harian Anda sangat banyak. Namun, dengan cara di atas, setidaknya Anda bisa menghindarinya. Selain itu, dengan mengatasi rasa mual, Anda juga bisa merasa lebih nyaman sepanjang hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *