Berikut Ini Cara Menghilangkan Bau Prengus Kambing

Estacurada – Siapa yang suka daging kambing? Daging kambing ini sering diolah menjadi berbagai aneka masakan. Dan masakan terkenal di Indonesia yang menggunakan daging kambing adalah sate kambing. Rasanya yang enak dan lezat sehingga membuat daging kambing ini disukai banyak orang dari semua kalangan. 

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengolah daging kambing menjadi masakan yang benar-benar lezat dan nikmat. Jika daging kambing tidak dimasak dengan benar, maka daging kambing ini akan memiliki tekstur yang alot serta menimbulkan aroma yang kurang sedap. Bau prengus kambing ini biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terlebih pada kambing jantan. Maka dari itu, perlu teknis khusus dalam mengolah daging kambing agar memiliki tekstur yang lebih empuk dan tidak menimbulkan bau prengus. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau prengus kambing? Untuk lebih jelasnya mari kita ulasan berikut ini.

cara menghilangkan bau prengus kambing

1. Tidak Mencuci Daging Mentah

Cara menghilangkan bau prengus kambing yang pertama adalah dengan tidak mencuci daging kambing. Soalnya, mencuci daging kambing sebelum dimasak justru akan membuat daging bau prengus dan menjadi alot. Bukan hanya itu, daging yang dicuci sebelum dimasak akan cenderung semain cepat mengalami pembusukan. Maka dari itu, daging kambing sebaiknya tidak dicuci namun segera direbus. Rebus daging kambing sampai mendidih lalu buang air sisa kotoran tersebut. Dengan demikian, daging kambing akan memiliki tekstur yang lebih empuk dan tidak bau prengus. 

2. Membuang Lemak Daging

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing selanjutnya adalah dengan membuang kandungan lemak pada daging. Pasalnya, bau amis yang dihasilkan dari daging kambing biasanya berasal dari kandungan lemaknya. Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukan daging kambing ke dalam kulkas terlebih dahulu. Setelah daging kambing membeku, maka anda bisa memisahkan lemaknya dengan lebih mudah. 

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau prengus lainnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Selain untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada daging kambing, jeruk nipis juga berfungsi sangat efektif untuk melunakkan tekstur daging. Caranya juga sangat mudah dan simpel, yakni anda hanya perlu memeras jeruk nipis sampai mengeluarkan sarinya, lalu baluri daging kambing tersebut dengan perasan air jeruk nipis. 

4. Taburi Dengan Garam

Menaburi dengan garam ini merupakan cara untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yang sudah terlanjur dicuci. Karena dengan menaburi daging dengan garam dapat menetralisir bau amis yang tidak sedap. Caranya adalah, cukup taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging kambing, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam dan bersihkan daging dari garam menggunakan air bersih, setelah itu rebus daging kambing tersebut. 

5. Menggunakan Parutan Nanas

Selain garam, ternyata nanas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Bukan hanya itu, buah yang manis ini juga diklaim mampu menjadikan daging kambing akan lebih lunak serta menghasilkan rasa yang jauh lebih nikmat.  Adapun caranya adalah sebagai berikut : Pertama pilih buah nanas yang masih muda, lalu parut nanas dan taburkan ke sluruh bagian daging kambing. Dengan menggunakan cara ini, daging kambing akan terbebas dari bau prengus dan memiliki tekstur yang empuk. 

Bagimanan sahabat mudahkan? Itulah cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Semoga ada manfaatnya dan selamat mencoba. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *