7 Cara agar Hemat Pemakaian Paket Data di Smartphone

Estacurada – Smartphone sudah menjadi sebuah elektronik yang utama untuk berbagai aktivitas. Anda membutuhkan paket data untuk bisa menjalankan aplikasi yang digunakan. Pembelian paket data pun bisa dilakukan di Mobilepulsa dengan cepat dan mudah. Hanya saja penting untuk Anda melakukan penghematan pemakaian paket data di smartphone dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan Peringatan

Langkah yang utama untuk melakukan penghematan paket data dengan menggunakan peringatan dari pemakaian data di smartphone. Fitur pengaturan peringatan ini ada pada smartphone yang bisa diaktifkan untuk membantu Anda. Pengaturan bisa dilakukan dengan mendapatkan peringatan pemakaian paket data setiap harinya.

Atur penggunaan dengan membatasi pemakaian paket data harian sebagai solusi untuk menghemat paket data secara rinci. Cara menggunakan peringatan ini cukup mudah dengan masuk pada menu pengaturan dan memilih pemakaian data. Pilihlah data seluler dan atur limit pemakaian data sesuai dengan keinginan Anda.

2. Cerdas dalam Update

Update aplikasi di smartphone dapat terjadi kapan saja jika aplikasi sudah kedaluwarsa dan perlu melakukan update. Pada bagian inilah pemakaian paket data sering tidak terkendali. Anda harus cerdas dalam mengatur update yang akan dilakukan. Aturlah pada smartphone untuk tidak melakukannya secara otomatis.

Anda bisa memilih dengan pengaturan update hanya jika terhubung ke Wi-Fi. Jika ingin update menggunakan paket data bisa dengan cara manual masuk ke playstore dan memilih aplikasinya. Cara untuk mengatur ini dengan masuk ke aplikasi playstore lalu pilih menu pengaturan. Setelahnya klik auto update nya untuk dinonaktifkan dan pilih Wi-Fi only.

3. Gunakan Browser yang Lebih Efisien

Aplikasi yang penting untuk digunakan adalah aplikasi browser, pilihlah aplikasi yang efisien sehingga tidak menarik kuota internet Anda dengan cepat. Salah satu pilihan yang bisa digunakan adalah Opera Mini. Aplikasi browser ini dapat mengompres website yang dikunjungi secara otomatis sehingga tidak membuat kuota paket data menjadi boros.

4. Batasi Sinkronisasi

Batasi sinkronisasi pada aplikasi tertentu menjadi langkah yang praktis untuk mengurangi pemakaian paket data. Pembelian paket data di Mobilepulsa dapat bertahan lebih lama. Anda tinggal memilih aplikasi yang tidak perlu dilakukan sinkronisasi dengan cara mengaturnya di menu pengaturan. Lalu pilih akun atau aplikasi yang akan di nonaktifkan sinkronisasinya.

5. Atur Data Seluler Aplikasi

Tidak semua aplikasi yang ada Anda gunakan secara bersamaan, ini bisa menjadi celah untuk melakukan penghematan paket data. Pada aplikasi yang memang jarang diakses atur penggunaan paket data menjadi tidak aktif. Jadi jika ingin mengaksesnya, Anda bisa mengaktifkan terlebih dahulu. Cara ini bisa diatur dengan mudah pada menu pengaturan yang ada.

6. Tutup Aplikasi yang Dibuka

Lakukan log out atau menutup aplikasi yang dibuka dengan benar akan mengurangi pemakaian paket data pada smartphone. Misalnya ketika membuka aplikasi browser pastikan tidak ada yang masih terbuka. Salah satu aplikasi yang kuat memakan paket data jika dibiarkan terbuka adalah google maps karena disertai dengan pencarian dari GPS.

7. Kendalikan Sinyal

Anda mungkin tidak tahu bahwa sinyal yang tidak stabil atau hilang timbul memakan banyak paket data smartphone. Hal ini harus dicermati dengan melakukan pengaturan sinyal yang sesuai dengan lokasi. Jika berada di daerah yang sinyalnya sulit, untuk sementara lebih baik Anda menonaktifkan paket data agar tidak terkuras dengan cepat.

Kebutuhan akan paket data di saat-saat genting bisa Anda didapatkan secara mudah dengan melakukan pembelian di Mobilepulsa. Anda tinggal memasukkan nomor yang akan dilakukan pengisian paket data di aplikasi atau pun di alamat website-nya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *