7 Bahan Kain yang Paling Cocok untuk Pembuatan Topi Cap

Estacurada РTidak hanya sebagai item fashion, topi cap juga berfungsi untuk melindungi  kepala dan rambut si pemakai. Oleh karena itu, pemilihan bahan yang tepat harus diperhatikan dengan baik.

Berdasarkan tujuan pemakaian dan bentuk desainnya, Anda dapat menjumpai topi dalam bentuk yang sangat beragam. Nah, bahan kain apa saja yang paling cocok untuk pembuatan topi?

Ketahuilah, pemilihan bahan kain untuk pembuatan topi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut kami rekomendasikan beberapa bahan yang paling cocok untuk pembuatan salah satu item fashion itu.

topi cap

Bahan Kain yang Paling Cocok untuk Pembuatan Topi Cap

Sedikitnya ada tujuh bahan kain yang paling cocok untuk pembuatan topi cap. Berikut kami jelaskan selengkapnya untuk Anda.

1. Bahan Kain Kanvas

Ketahuilah bahan kain kanvas sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai model topi. Ya, kain kanvas memang cukup nyaman digunakan untuk ragam aksesoris fashion, tidak terkecuali topi.

Bahan kain kanvas ini terkenal memiliki motif serat bergaris dan bertekstur agak kasar. Pastinya akan menjadikan desain topi Anda lebih keren, bukan?

2. Bahan Kain Drill

Bertekstur halus dan mempunyai motif garis miring, bahan kain drill juga cocok untuk membuat segala jenis model topi. Tidak heran, banyak produsen topi yang mengandalkan jenis kain ini sebagai bahan utama.

Dengan variasi warna yang lebih banyak dan lengkap, bahan kain drill menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jadikan bahan pembuatan topi. Nah, salah satu jenis topi dengan bahan kain drill yang dapat Anda jumpai adalah topi seragam petugas SPBU.

3. Bahan Kain Famatex

Sedikit mirip dengan bahan drill. Kain famatex mempunyai tekstur yang halus serta lebih kaku dari kain drill.

Pembuatan topi cap dengan bahan ini secara umum digunakan oleh instansi-instansi pendidikan. Ya, topi sekolah yang sering Anda temukan mayoritas terbuat dari kain famatex.

4. Bahan Kain Laken

Pernahkah Anda menemui topi dengan tekstur agak berbulu? Ya, topi tersebut menggunakan kain laken untuk bahan utamanya.

Kain laken memang memiliki ciri agak berbulu dan sedikit lebih tebal. Kain laken ini sangat cocok digunakan untuk membuat jenis topi instansi. Dengan desain yang apik dan bahan berkelas, topi instansi akan terlihat lebih elegan serta tahan lama.

5. Bahan Kain Rapel

Kain rapel merupakan jenis kain dengan karakteristik hampir sama dengan bahan celana jeans. Perbedaannya, kain rapel cenderung lebih tipis dengan serat benang berbentuk garis miring.

Bahan ini sangat nyaman untuk digunakan terutama pada aktivitas luar ruangan. Oleh karena itu, kain rapel sangat cocok untuk pembuatan segala macam jenis topi cap.

6. Bahan Kain Master

Sekilas terlihat mirip dengan kain famatex. Namun, bahan kain pembuat topi jenis master cenderung lebih tipis dibanding famatex.

Anda pun juga dapat memilih menggunakan bahan kain master ini untuk membuat topi sekolah. Dengan bahan yang ringan dan awet tentu akan menambah kenyamanan penggunanya.

7. Bahan Kain Billy

Bahan kain yang paling cocok untuk pembuatan topi cap lainnya yakni kain billy. Kain billy memiliki serat garis berbentuk miring seperti pada kain drill.

Meskipun mirip dengan kain drill, kain billy lebih bersifat polyester serta tahan air. Jadi, topi dengan bahan ini tidak mudah menyerap air.

Itulah tujuh bahan kain yang paling cocok untuk pembuatan topi cap. Semoga dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk Anda ketika akan membuat topi yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *