6 Trik Agar Rumah Minimalis Anda Selalu Rapi

Estacurada – Rumah minimalis telah banyak dipilih oleh masyarakat. Hal yang membuat mereka memilihnya karena pada dasarnya rumah minimalis memiliki konsep peduli terhadap keutuhan lingkungan dengan menggunakan material yang tidak terlalu berlebihan. Rumah minimalis inipun tidak terlepas dari berbagai tempat penyimpanan barang agar rumah tampak rapi.

Rumah Minimalis

Sebenarnya sudah sejak lama konsep minimalis diterapkan di Indonesia, diantaranya yaitu rumah-rumah tradisional. Pada awalnya rumah minimalis merupakan sebuah rumah yang sederhana. Dimana rumah ini dibangun dengan menggunakan bahan seadanya dan tidak terlalu mahal. Namun rumah ini menghasilkan bentuk bangunan yang memiliki nilai estetika atau indah dan layak untuk ditempati.

Dalam perkembangan selanjutnya, rumah minimalis modern memiliki pengertian yang lainnya. Dimana rumah ini didesain unik, rapi, bersih tanpa memiliki banyak ornamen, terlihat mungil dan terkadang menggunakan warna-warna yang berani agar tampak menarik.

tempat penyimpanan

Tips Menata Ruangan Rumah Minimalis

Rumah tanpa adanya penataan ruangan maka bisa membuat penghuninya tidak nyaman. Oleh karena itu perlu untuk menata ruangan rumah. Berikut ini tipsnya:

1. Selalu membersihkan rumah

Cara agar rumah minimalis tampak rapi yaitu selalu membersihkan ruangan. Baik kamar tidur, ruang tamu, dapur dan lain-lain. Jangan hanya membersihkannya sendiri, ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut serta membersihkan ruangan.

Membersihkan rumah disini tidak hanya menyapu dan mengepel saja. Menyikat kamar mandi dan mengelap perabotan rumah pun juga perlu untuk dilakukan. Ketika rumah bersih akan membuat nyaman penghuni yang menempatinya.

2. Menyimpan barang pada tempatnya

Rumah akan terlihat berantakan jika banyak barang dibiarkan berserakan, baik benda-benda berukuran besar ataupun kecil. Oleh karena itu diperlukan tempat penyimpanan untuk menyimpan benda-benda tersebut.

Untuk benda-benda berukuran kecil seperti kunci bisa disimpan di laci atau wadah tertentu. Ketika telah selesai digunakan, sebaiknya dikembalikan ke tempatnya semula. Jangan meletakkannya sembarangan.

3. Bijak dalam memilih perabot

Tips selanjutnya yaitu memilih perabot rumah tangga secara bijak. Perabot inilah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Disini diperlukan memilih perabot yang memang benar-benar dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar penataan ruangan menjadi lebih efektif.

Jika saja memilih perabotan yang berukuran kecil, justru tidak akan mampu memuat banyak barang di dalamnya. Jika memilih perabotan yang berukuran besar, maka akan dapat memuat lebih banyak barang. Sehingga semua barang bisa masuk ke dalamnya dan tidak berceceran di luar.

4. Melakukan penataan terhadap furniture

Meletakkan furniture pada posisi yang tepat justru akan membuat rumah terlihat rapi dan luas. Misalnya di ruang tamu terdapat sofa. Sofa ini bisa diatur dalam posisi merapat pada dinding agar tidak terlihat berhambur-hamburan. Hal ini bertujuan agar penggunaan ruangan lebih efisien.

5. Meminimalisir sekat

Pemberian sekat pada ruangan, misal sekat antara ruang makan dan dapur, justru akan membuat ruangan menjadi tampak lebih sempit. Membiarkan ruangan tanpa sekat akan lebih baik karena pandangan menjadi lebih lapang.

Jika masih ingin membedakan ruangan satu dengan yang lainnya tanpa sekat, bisa menerapkan warna lantai yang berbeda antara ruangan satu dengan yang lainnya. Atau bisa juga dengan memberikan wallpaper dinding yang berbeda.

6. Perhatikan sirkulasi udara

Meskipun menata rumah sudah dilaksanakan, masih diperlukan untuk memperhatikan sirkulasi udara. Sirkulasi udara inilah yang menjadi faktor penting. Bukalah jendela agar cahaya matahari masuk dan udara dapat berganti sehingga rumah akan tampak lebih segar. Jendela yang terbuat dari kaca dapat diaplikasikan dalam rumah minimalis ini.

Demikian 6 tips menata ruangan rumah minimalis agar tampak rapi. Menata ruangan rumah perlu ada tempat penyimpanan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang. Sehingga rumah akan terlihat lebih rapi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *