4 Tahap Perkembangan Emosi Anak Usia 6 sampai 9 Tahun

Estacurada – Tahap perkembangan emosi anak mesti dipantau dengan baik agar tidak terlambat untuk melatih atau melakukan stimulasi. Setiap usia ada perkembangan tertentu yang kalau tidak sesuai bisa berpengaruh dengan kecerdasan emosional. Berikut ini tahapan perkembangan emosional di usia 6 sampai 9 tahun.

tahap perkembangan emosi anak

1. Perkembangan Usia 6 Tahun

Di usia 6 tahun anak memiliki perkembangan emosi lebih baik karena mulai bisa memahami emosi dirinya sendiri dan orang lain. Anak jadi tahu untuk tidak menyakiti orang lain. Di usia ini juga emosi anak mulai mau menyenangkan orang di sekitarnya.

Anak mulai memiliki rasa takut karena hal tertentu. Misalnya takut sama hewan besar atau monster. Anak memiliki kemampuan memahami perasaan orang lain. Empati yang bagus dalam sosialnya. Anak juga bisa menunjukkan kecemburuan yang dirasakannya.

2. Perkembangan Usia 7 Tahun

Anak semakin peka dengan orang lain. Anak sudah mulai bisa mengelola rasa takutnya terhadap sesuatu. Namun, anak akan merasa takut jika sedang mengalami sesuatu. Misalnya saat sudah sekolah, anak lupa mengerjakan PR maka ia akan merasa takut dimarahi.

Anak menjadi lebih mudah mengerti dengan apa yang dihadapi. Di tahap ini juga anak mulai memahami tempat di mana ia merasa nyaman. Selain itu, kemampuan mengatasi rasa takutnya menjadi lebih baik dan apa yang pernah dia takuti di waktu balita sudah tidak dirasakannya lagi. Anak mulai bisa berteman dengan baik.

3. Perkembangan Usia 8 Tahun

Pada tahap usia ini emosional anak dapat berubah-ubah dengan cepat. Lebih bisa menunjukkan emosinya. Anak mulai pandai meminta sesuatu yang dia butuhkan. Kemampuan anak juga sudah bisa berencana untuk mendapatkan sesuatu. Cara mengelola emosinya bisa lebih kompleks. Tingkat agresif menjadi lebih terlihat di usia ini.

4. Perkembangan Usia 9 Tahun

Anak semakin bisa mengendalikan emosi. Pada usia ini tahapan perkembangan emosional anak atas rasa empatinya lebih kuat dan lebih mudah mengerti orang lain. Suasana hati anak bisa cepat berubah dan mudah juga untuk memaafkan. Anak bisa melakukan negosiasi dengan apa yang dialami.

Tahap perkembangan emosi anak sesuai usia pada umumnya bisa dilihat di penjabaran di atas. Namun bisa saja perkembangan emosional anak berbeda dengan anak seusianya karena kurang dilatih. Anda bisa melakukan stimulasi dengan baik agar menjadi lebih cerdas secara emosi nantinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *