Tips Belanja Online Saat Bulan Ramadhan

Estacurada – Saat bulan Ramadan, pola konsumsi belanja masyarakat Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Tak hanya terjadi pada pola belanja konvensional, peningkatan pun terjadi dalam kebiasaan belanja online. Hal ini disebabkan karena adanya faktor tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Shopback, pola belanja online meningkatkan sebesar 10 persen pada sebulan menjelang Ramadan. Hal serupa juga terjadi beberapa platform e-commerce dan marketplace lainnya. Berdasarkan data dari SimilarWeb, arus belanja online di lima platform e-commerce besar menunjukkan peningkatan lima hingga 10 persen pada sebulan jelang Ramadan. Cenderung stagnan selama bulan Ramadan.

Indra Yonathan selaku Co-Founder & Country Head of ShopBack Indonesia menuturkan bahwa di Ramadan tahun ini, transaksi belanja online dipercaya akan meningkat hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

4 desainer terpilih Byo, Eri, Natalia Koantoro, dan Wilsen Willim memamerkan koleksi busananya di Runway Hits Fashion Nation

“Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbarudari Accenture, hampir setengah (43,7%) dari masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet, merupakan digital buyers” ujar Indra Yonathan dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Berdasarkan studi yang sama, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678,726.56 pada Ramadan tahun lalu. Walaupun volume transaksi meningkat, tetapi nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

“Walaupun nilai pembelian tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan tahun lalu, ShopBack sebagai platform gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk dapat bertransaksi online secara cermat dan hemat tetap optimis dapat mengalami pertumbuhan jumlah transaksi dan nilai pembelian hingga 2 kali lipat di Ramadan tahun ini,” ujar Yonathan

Program Gebyar Ramadhan Online selama bulan Ramadan menjadi salah satu upaya Shopback untuk meningkatkan jumlah transaksi. Hal ini pun didukung dari laporan Accenture yang mengatakan bahwa 74,1 persen pembeli digital di Indonesia menyatakan bahwa harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam pembelian digital. Program Gebyar Ramadhan Online dari Shopback memberikan cashback sampai dengan 90%, serta flash sale di setiap harinya.

Terkait waktu yang paling sering orang mengakses platform e-commerce di bulan Ramadan, dari data ShopBack menunjukkan terjadi dua kali peningkatan traffic dalam satu hari selama bulanRamadan tahun lalu. Pertama terjadi pada pukul 10.00 – 11.00 WIB, dan kedua pada pukul 16.00 – 17.00 WIB. Hal yang sama juga akan terjadi di Ramadan tahun ini.

Kebanyakan, para pelanggan membeli barang berupa produk fashion, grosir, serta mainan selama bulan Ramadan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *